Sabtu, 04 Juni 2016

Perpustakaan Nasional

Standard
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jika sebelumnya saya telah mereview perjalanan ke PP IPTEK TMII sekarang saya akan mereview Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Latar belakang penulisan ini tidak jauh beda dengan yang sebelumnya yaitu untuk memenuhi tugas mata kuliah Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar.

Jadi letak Perpusnas ini  tepatnya di Jl. Salemba Raya dekat Kampus C Gunadarma tapi kayak disebrangnya gitu, tapi kalau naik angkutan jangan lupa ambil jalur yang ke Salemba Carolus ya bukan Salemba UI. Kalau naik KRL bisa turun di Stasiun Cikini nyebrang lanjut naik Kopaja 502 jurusan kampung melayu-tanah abang. Nah kalau mau ke Perpusnas ini harus pagi ya soalnya takut kena macet dan takut Perpusnasnya tutup jadi jangan sampe gara-gara kesiangan udah jauh-jauh gabisa baca buku kan sayang~~.

Tampak depan Perpusnas yang besar banget gedungnya nah pas awal masuk agak bingung gitu jadi memang disini ada 4 gedung *katanya* tapi letak perpusnya di gedung C.

 


Pertama kali masuk ke dalam kita akan disambut oleh replika buku yang besar banget, nah sebelum memasuki perpusnas kami harus mendaftar keanggotaan dulu,pertama itu daftar online gitu kalau sudah nanti bakalan dipanggil buat foto, pembuatan kartu keanggotaannya itu ga dipunggut biaya alias gratis, nah setelah kartu keanggotaan udah ditangan baru deh kita bisa baca buku di perpustakaan yang letaknya di lantai 2.




Tapi sebelum baca buku harus mengisi buku tamu dulu dan menitipkan tas dan bawaan ke loker dengan jaminan KTM.





Karena Perpusnas Salemba ini sistemnya perpustakaan online jadi sebelum membaca buku kita harus melihat katalog buku di komputer untuk membookingnya. Yang tertera di katalog buku online itu ada jenis bahan (gatau jenis bahan apa hehehe), cover buku, judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, nomer panggil, dan letak buku tersebut ada di lantai berapa dan jumlah item bukunya ada berapa. Jika sudah selesai membooking buku kita diminta untuk menuliskan judul, pengarang, tahun terbit, nama kita, nomer keanggotaan, dan nomer panggil yang tadi ada di komputer.





Di ruang membaca itu suasananya khidmat gitu jadi usahakan untuk tidak berisik yaa, kita bisa membaca buku di beberapa meja dan kursi yang ditata berada di tengah ruangan, ruangannya nyaman jadi enak buat baca-baca buku sambil ngadem hehehe


0 komentar:

Posting Komentar