Kamis, 02 Juni 2016

Pembelahan Sel

Standard
Pengenalan Macam Pembelahan Sel


Pembelahan sel merupakan suatu proses yang membagi satu sel induk menjadi dua atau lebih sel anak. Pembelahan sel bertujuan agar reproduksi dan embriogeness dapat berkelanjutan dalam siklus yang berulang/berlanjut (proliferasi). Pembelahan sel pada prokariotik yang tidak memiliki inti sel disebut pembelahan biner  sedangkan pembelahan sel pada eukariotik ada dua jenis, mitosis dan meiosis dalam dua siklus fase yang fungsional fase interfase dan mitosis. Berikut perbedaan jenis pembelahan sel:


·         Pembelahan Biner
Pembelahan ini merupakan yang paling sederhana karena terjadi di tingkat mahluk yang sederhana (prokariotik). Bertujuan untuk kepentingan reproduksi. Sel yang dihasilkan adalah sel anak yang memiliki otonomi sendiri. Tahapannya DNA bereplikasi menjadi dua sel anakan lalu membentuk sekat untuk pembelahan sel sehingga terjadilah sitokinesis dengan hasil dua sel anakan.

·         Pembelahan Mitosis
Proses pembelahan sel menjadi dua sel anak yang identik dengan induknya. Jumlah kromosom diploid (2n) tetap menjadi diploid. Terdiri dari lima fase, profase,metafase, anafase, telofase, sitokinesis. Berikut ringkasan informasinya:
§  Tempat: Sel  tubuh (autosom)
§  Tujuan : Pertumbuhan
§  Ploidisasi: ninduk=nanak
§  Sebelum pembelahan dimulai terjadi interfase

·         Pembelahan Meiosis
Proses pembelahan sel yang mengurangi jumlah kromosom dari diploid (2n) menjadi haploid (n). Dibagi menjadi dua bagian, meiosis 1 dan meiosis 2 setiap bagian memiliki 5 fase, profase, metafase, anafase, telofase, dan sitokinesis. Berikut ringkasan informasinya:
§  Tempat: Sel gamet (genosom)
§  Tujuan: membentuk gonad (sel kelamin)
§  Ploidisasi: ninduk=2nanak
§  Tidak ada interfase antara meiosis 1 dan meiosis 2

Pembelahan Sel Eukariotik dan Siklus Fase Pembelahannya
Seperti telah dikemukakan diatas, pembelahan sel eukariotik terjadi dalam dua siklus fase fungsional interfase dan mitosis, sedangkan jenis pembelahan sel itu sendiri dibagi menjadi dua pembelahan mitosis (autosom) dan meiosis (genosom). Terdapat 3 gerbang checkpoint yang terletak di gerbang masuk sebelum fase sintesis, sesudah fase sintesis dan di sub fase mitosis yaitu metafase.


·         Interfase
Merupakan fase terpanjang dalam siklus pembelahan terdiri dari 3 subfase: S (Sintesis), G1 (Gap Pertama), G2 (Gap Kedua), G0 (Gap Nol, istirahat).
a.       G0
Sel pada fase ini tetap melakukan metabolisme aktif namun tidak melakukan proliferasi aktif. Sel akan berada pada fase G0 jika ia berada terlalu lama pada G1 sehingga sel pada fase ini dapat memasuki siklus fase atau tetap berada di G0 sampai apoptosis (kematian sel yang telah diprogram).
b.      G1
Sel yang telah memasuki fase ini akan melakukan persiapan untuk memasuki fase sintesis (replikasi DNA) dengan mensintesis protein dan enzim untuk replikasi DNA, interval fase ini bervariasi mulai dari 6 jam sampai beberapa hari. Dalam fase ini sel mulai tumbuh terjadi pertambahan volume sel dan duplikasi organel sitoplasma kecuali kromosom. Di akhir fase ini terdapat gerbang menuju fase sintesis sebagai tempat checkpoint pertama apakah sel sudah mensintesis protein yang cukup untuk fase sintesis? Jika belum sel akan kembali ke G0 (istirahat)
c.       S (Sintesis)
Terjadi replikasi DNA, interval waktu umumnya 8 jam hasil replikasi kromosom akan menjadi dua kromatid, terdapat gerbang kedua di akhir fase ini untuk mengecek apakah replikasi DNA sudah benar? Jika sudah sel akan memasuki fase G2
d.      G2
Pada fase ini sel bersiap memasuki fase M (Mitosis), aktifitas sel mengontrol pembentukan enzim dan protein sebagai persiapan memasuki fase M (Mitosis)

·         Mitosis



Pada fase ini terjadi pembelahan sel yang berlangsung kurang lebih selama 1 jam, terbagi menjadi beberapa subfase: profase, metafase, anafase, telofase, sitokinesis. Pada Metafase terdapat gerbang checkpoint untuk mengecek apakah kromosom telah terikat pada benang spindel dan dalam tensi bipolar? Jika iya maka maka fase akan berlanjut hingga selesai.



Disusun untuk memenuhi tugas PAPER V
Rianti Nurindah Kuwais
17515678

0 komentar:

Posting Komentar